Digital Marketing, Optimasi SEO

Perlukah Menggunakan Backlink PBN ? Apa itu Backlink PBN dan Manfaatnya ?

Perlukah Menggunakan backlink PBN ? Apa itu backlink PBN dan Manfaatnya ? PBN atau Private Blog Network merupakan salah satu teknik yang sudah tidak asing lagi dalam dunia SEO Website. Karena menurut banyak ahli SEO, PBN dapat membantu untuk meningkatkan peringkat sebuah website.

PBN atau Private Blog Network adalah teknik optimasi SEO dengan cara mengarahkan backlink ke situs utama anda. Jadi teknik PBN ini adalah teknik yang memanfaatkan sebanyak-banyaknya backlink dari situs lain. Biasanya pengguna SEO akan membangun banyak website blog, kemudian membuat konten yang berkaitan dengan tema website utama (Website utama ini adalah website yang sedang ditingkatkan trafiknya). Kemudian anda bisa membuat backlink dari blog tersebut, mengarahkannya ke Website Utama. Ketika website memiliki banyak backlink, maka Google akan menilai bahwa website tersebut berkualitas dann terpercaya, karena banyak dijadikan referensi dari banyak situs web.

Tapi teknik PBN seperti ini menimbulkan resiko situs anda mendapatkan penalty dari Google. Karena teknik tersebut termasuk Grey Hat Method dalam SEO. Jika anda terlalu berlebihan dalam link building dan tidak sesuai panduan Google, maka Google akan menganggap sebagai manipulasi. Jika website anda sudah mendapat penalty, maka bisa saja website anda akan hilang dari hasil pencarian Google. Bahaya sekali ya ?

Mungkin, anda juga salah satu orang yang masuk grup di media sosial. Sering kali banyak netizen yang menjual domain yang berumur lama. Kenapa demikian? Nah, domain yang sudah berumum lama, itu dapat dimanfaatkan untuk sumber backlink. Intinya, jika anda menggunakan PBN dengan benar, ini akan berdampak bagus ke website utama anda. Tetapi, jika penggunaan PBN ini berlebihan, resikonya juga buruk. Website anda akan turun peringkat, atau lebih buruknya hilang dari pencarian Google.

Bagaimana caranya agar PBN efektif dan menimbulkan dampak positif bagi website utama anda ?

1. Buat Backlink yang berkualitas tinggi. Buat backlink dari situs yang sudah memiliki Domain Authority setidaknya 40+.

2. Buat halaman blog/artikel di website utama anda. Kemudian update artikel secara konsisten dan berkelanjutan, misal 1 artikel perminggu. Jika anda bisa lebih dari itu, lebih baik. Tapi harus konsisten.

Itulah secuil ilmu / pengetahuan tentang back link PBN. Apakah ada masukan atau tambahan ?