Digital Marketing, Optimasi SEO

Cara Meningkatkan Peringkat / Ranking Website di Pencarian Google dengan Efektif #Tips SEO Onpage

Halo sahabat Joss. Pada artikel ini, Admin Joss akan memberikan tips tingkat lanjut untuk meningkatkan peringkat sebuah website di hasil pencarian Google. Satu hal utama yang perlu selalu di ingat untuk mencapai apapun adalah konsisten. Sebelumnya Admin Joss telah membagikan tips agar website anda terindex Google.

Cara Praktis Website Cepat Terindex Google

Cara meningkatkan ranking website di pencarian Google, memang tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk optimasi seo yang harus dilakukan. Apalagi, jika kata kunci atau keyword yang menjadi target memiliki banyak pesaing. Optimasi seo On Page adalah salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Anda harus memperhatikan hal-hal yang terkait dalam website yang anda buat, mulai dari source code maupun kontennya.

Berikut ini beberapa tips optimasi seo lanjutan untuk meningkatkan peringkat sebuah website di hasil pencarian Google :

1. Tambahkan Meta tag title, meta keywrod dan meta description pada setiap halaman website

Menurut Admin Joss, Meta tag merupakan teknik optimasi seo yang sangat penting. Meta tag pertama yang harus anda tambahkan pada souce code website adalah Title, Keyword dan Description.

Meta tag title, adalah meta tag yang harus ditambahkan di source code dan harus berkaitan erat dengan kata kunci target-nya.

Meta tag Keyword, harus anda tambahkan dengan beberapa kata kunci yang relevan terhadap isi konten website anda.

Meta tag Description, merupakan meta tag yang berupa deskripsi singkat / rangkuman dari isi konten website anda. Tambahkan meta tag description dengan singkat, padat dan jelas yang menggambarkan isi konten dari halaman website. Fungsinya, untuk menarik perhatian pengguna di hasil pencarian. Karena tag description akan ditampilkan.  

2. Tambahkan meta tag open graph facebook dan Twitter di setiap halaman website

Tambahkanlah tag open graph facebook dan twitter, agar kedua sosmed tersebut dapat mengenali halaman website anda. Tag tersebut mirip dengan meta tag title, keyword dan descrition. Jadi ketika anda membagikan konten halaman website anda, facebook dan twitter mampu mengenali title, descriptiom dan image dari konten website. Facebook dan Twitter akan menampilkan judul, deskirpsi dan gambar sesuai dengan isi dari meta tag tersebut.

3. Tambahkan Schema Markup pada halaman website

Schema Markup, adalah optimasi seo yang tidak boleh anda lewatkan. Schema Markup ini berbentuk kode pada setiap halaman website anda. Schema Markup dapat dibuat dengan beberapa format kode, diantaranya JSON-LD, Microdata dan RFDA.

Dengan menggunakan Schema Markup, Google dapat menampilkan informasi akurat yang memang dibutuhkan oleh pengguna. Berdasarkan informasi dari Schema.org, Schema Markup tidak hanya kolaborasi dengan Google, akan tetapi juga dengan Yandex, Microsoft dan Yahoo.

Schema Markup ini dapat membantu mesin pencari seperti Google,Yandex, Microsoft dan Yahoo mengetahui informasi apa saja yang terdapat dalam konten website. Terdapat beberapa jenis schema markup, diantaranya seperti Schema Organization, Schema Person, Schema Article, Schema Breadcrumb, dan schema markup lainnya.

4. Buatlah halaman versi mobile dengan AMP (Accelerated Mobile Pages)

Kemudian salah satu optimasi seo yang perlu ditambahkan adalah AMP atauAccelerated Mobile Pages. Sesuai dengan namanya, AMP atauAccelerated Mobile Pages adalah sebuah teknologi yang diciptakan oleh Google agar halaman sebuah website dapat diakses dengan cepat pada perangkat mobile atau seluler. 

Sebagian besar pengguna, biasanya akan menggunakan perangkat seluler untuk mencari informasi. Salah satu faktor utama dalam SEO adalah proses load pada halaman website. Masalah yang sering kali terjadi, pengguna beralih pada konten website lain karena halaman website anda proses load nya lama. Dengan adanya Google AMP, ini menjadi solusi untuk masalah load pada website. Dengan menerapkan halaman AMP, Google akan mempriotitaskan untuk menampilkan halaman versi AMP dalam website anda. Karena halaman AMP mampu diakses dengan sangat cepat. Tambahkanlah halaman versi AMP pada halaman detail artikel / blog pada website anda.

Itulah beberapa tips optimasi seo dalam meningkatkan peringkat Google. Pada artikel berikutnya, Admin Joss akan membagikan informasi lengkap dengan Meta Tag, Schema Markup dan Google AMP. Jangan lewatkan ya... Tunggu artikel selanjutnya dari Admin Joss. Semoga bermanfaat.