5 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik di Indonesia

5 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik di Indonesia

  Tips dan Edukasi,   16 September 2023   379 Lihat

Seiring terus meningkatnya kunjungan wisatawan di Indonesia, tentunya juga berpengaruh positif terhadap bisnis akomodasi seperti hotel, resort sampai dengan penginapan biasa. Menurut Badan Pusat Statistik, memasuki bulan Juni 2023 kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di Indonesia mencapai 1,06 juta kunjungan. Dimana, angka tersebut menunjukkan peningkatan 11,44 persen dibandingkan dengan Mei 2023. Kemudian juga mengalami peningkatan 119,64 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu.

Pada periode Juni 2023 tersebut, tingkat hunian kamar di hotel juga otomatis ikut mengalami peningkatan. Dimana hotel bintang mencapai 53,67 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan 3,39 poin secara year on year dan naik 4,65 poin secara month to month. Dan hotel non bintang  mencapai 24,58 persen, naik 0,66 poin secara year on year dan naik 0,34 poin secara month to month. Sedangkan lama menginap tamu di hotel bintang mengalami kenaikan 0,05 poin dibandingkan tahun lalu, yaitu mencapai 1,66 hari.

Mungkin kalian yang membaca artikel ini juga sudah merencanakan liburan dalam waktu dekat ini. Untuk itu pastinya kalian membutuhkan penginapan doong... Dan mungkin saja beberapa diantara kalian masih bingung cara booking hotel atau penginapannya lewat mana dan bagaimana? Maka dari itu, Admin Joss akan membagikan 5 rekomendasi aplikasi booking hotel terbaik di Indonesia dan biasanya hotel-hotel juga bekerjasama dengan Online Travel Agent ini, diantaranya :

1. TRAVELOKA.COM

Rekomendasi pertama adalah Traveloka. Berdasarkan pengamatan dari Admin Joss, saat ini Traveloka masih menjadi pilihan utama para travelers atau wisatawan untuk booking hotel. Biasanya jika okupansi tamu berasar dari OTA 100 persen, maka dari Traveloka 60 persen-nya. Hal ini diperkuat juga dengan informasi dari survey Katadata bahwa Traveloka tercatat sebagai aplikasi OTA yang paling disukai responden, dengan persentase mencapai 67,5 persen.

2. TIKET.COM

Rekomendasi aplikasi OTA untuk booking hotel yang kedua adalah Tiket.com. Jika anda akan booking melalui aplikasi Tiket, anda bisa klik link Tiket.com. Tiket.com merupakan salah satu OTA besar juga di Indonesia yang berdiri sejak 2011.

3. BOOKING.COM

Aplikasi booking kamar hotel yang ke-tiga adalah Booking.com. Booking.com merupakan OTA besar dan sudah beroperasi cukup lama yaitu sejak 1996. Booking.com adalah bagian dari perusahaan Booking Holdings Inc. Anda bisa booking kamar hotel ataupun penginapan lainnya di booking.com.

4. AGODA.COM

Rekomendasi aplikasi booking hotel selanjutnya adalah Agoda.com. Jika anda seorang traveler yang berencana untuk ke luar negeri di kawasan Asia, maka Agoda adalah salah satu solusinya. Agoda juga merupakan bagian dari Booking Holdings Inc, satu grup dengan Booking.com.

5. PEGIPEGI.COM

Dan terakhir adalah aplikasi Pegipegi. Penyedia reservasi online yang tidak kalah juga dari OTA lain.

Kalian dapat melakukan riset harga dari semua OTA di atas ya. Tips nya, sebelumnya anda cari hotel yang menarik untuk anda tempati. Jika kalian sudah memiliki incaran penginapan yang dituju, kalian dapat melihat di aplikasi Traveloka, Tiket, Agoda, Booking.com, Pegi-pegi ataupun OTA lainnya yang belum Admin Joss sebutkan daam artikel ini. Kalian bisa membandingkan dari sisi harga, fasilitas hotel dan juga lokasinya.

Bagikan Artikel Ini Agar Lebih Bermanfaat :
Ahmad Syarifudin Mahzumi

Penulis

Ahmad Syarifudin Mahzumi

Berproseslah! Karena yang instan itu beresiko.