Beberapa Istilah Dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui

Beberapa Istilah Dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui

  Digital Marketing, Optimasi SEO,   24 Mei 2023   523 Lihat

Beberapa Istilah Dalam Digital Marketing yang Wajib Diketahui. Sebelum anda menggali lebih dalam ilmu tentang Digital Marketing, alangkah lebih baiknya anda belajar dari dasarnya dulu secara bertahap. Istilah-istilah dalam dunia digital marketing sangat penting untuk anda ketahui. Agar anda tidak bingung dalam menerapkan digital marketing pada bisnis anda.

Berikut ini istilah-istilah dalam Digital Marketing :

1. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial media untuk mempromosikan produk atau jasanya baik itu dengan cara berbayar ataupun tidak berbayar.

2. Search Engine Marketing

SEM (Search Engine Marketing) merupakan trik pemasaran di internet dengan cara berlangganan iklan berbayar. Adapun biaya dari SEM biasanya dilakukan dengan cara PPC (Pay per Click). Hasil dari SEM akan terlihat dengan cepat sesuai budget yang dialokasikan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan trafik organik. Itu artinya pengunjung yang masuk ke situs melalui hasil organik dan tanpa biaya.

4. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang sering dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini, itu artinya perusahaan melakukan pemasaran dengan menggunakan email. Email Marketing bisa dimanfaatkan untuk membangun relasi yang baik dengan customer, dimana anda bisa mengirim ucapan selamat ulang tahun misalnya. Dan anda juga bisa mengirim informasi mengenai produk anda.

5. Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah strategi marketing yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui influencer, seperti artis, selebgram, model, atau public figure lainnya. Strategi ini bisa dilakukan untuk membangun brand awareness atau meningkatkan penjualan sesuai target pasar.

6. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah strategi marketing yang dilakukan dengan cara membayar jasa orang lain (komisi) ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa anda.

7. Marketing Campaign

Marketing Campaign adalah suatu cara untuk mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai media yang berbeda. Misalnya televisi, radio, koran, sosial media ataupun platform online lainnya.

8. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau yang lebih dikenal dengan PPC adalah metode pemasaran digital dengan cara membayar biaya iklan setiap kali iklan di klik oleh pengguna internet.

9. Google Ads

Google Ads adalah Layanan iklan online dari Google. Melalui Google Ads, anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang yang tepat sesuai dengan segmentasi pasar produk anda.

10. Keyword Planner

Tools dari Google yang berfungsi untuk reset kata kunci atau keyword untuk kampanye/campaign penelusuran. Dengan alat ini, anda dapat menemukan kata kunci baru yang terkait dengan produk anda dan mengetahui estimasi penelusuran yang diterima serta biaya untuk menargetkannya.

11. Bounce Rate

Bounce Rate adalah persentase jumlah pengguna yang mengunjungi website Anda dan memutuskan untuk pergi tanpa membuka halaman kedua.

12. Niche

Niche adalah suatu kata yang dikhususkan untuk mencapai target marketing.

13. Page Speed Insights

Page Speed Insights adalah sebuah Tools dari Google untuk menganalisis performa suatu website baik itu mobile ataupun dekstop.

14. Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh Facebook yang digunakan untuk mempromosikan berbagai jenis produk/jasa di sosial media Facebook dan Instagram dengan berbagai latar belakang pengguna yang berbeda.

15. Copywriting

Copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan.

16. Content Writing

Content Writing adalah konten atau tulisan yang berisikan tips, informasi dan lainnya dalam bentuk artikel, yang kemudian dipublikasikan pada blog atau artikel.

17. Youtube Ads

Youtube Ads adalah fitur yang disediakan oleh Youtube bagi merek dan pemasar untuk menampilkan iklan mereka di platform youtube. Ketika kamu melihat iklan di Youtube, itu adalah contoh dari Youtube ads.

18. Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform pengiklanan yang dihadirkan langsung oleh Instagram. Instagram Ads bisa membantu promosi produk anda.

19. Website

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Informasi atau konten pada website akan ditampilkan sesuai dengan jenis websitenya.

20. Domain

Domain adalah nama / alamat pada sebuah website yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Fungsinya agar pengguna tidak sulit mengakses website dengan IP.

21. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data sehingga dapat diakses oleh semua orang melalui internet. Data tersebut bisa berupa teks, gambar, video, kode script, ataupun database

22. SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien. SSL bisa membantu meningkatkan peringkat website di Google.

23. Content Creator

Content Creator merupakan seseorang yang mampu membuat berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi.

24. Internal Link

Internal link adalah tautan yang ada pada website, dimana ketika tautan tersebut di klik akan menuju ke arah halaman lain dari website yang sama.

25. Eksternal Link

Eksternal link merupakan tautan yang ditanamkan di dalam artikel dan mengarah langsung ke website yang lain. Ini juga salahsatu bagian dari optimasi SEO. 

26. cPanel

cPanel adalah platform manajemen hosting atau kontrol panel hosting yang memiliki banyak fitur serta tampilan dasbor yang intuitif. cPanel bertindak sebagai panel kontrol untuk memudahkan pengelolaan layanan hosting, baik itu dari server maupun website. Saat ini cPanel adalah salah satu kontrol panel hosting yang paling banyak digunakan.

27. SEO Onpage

SEO On Page merupakan upaya yang dilakukan dengan cara mengoptimasi konten yang diterbitkan pada situs itu sendiri.

28. SEO Off Page

SEO Off Page adalah langkah-langkah Optimasi SEO yang dilakukan diluar konten website anda

29. AMP

30. Schema Markup

31. Google Search Console

32. Google Analytic

33. Sitemap

34. Meta tag

35. Opengrap

36. Do Follow dan No Follow Link

37. White Hat SEO dan Black Hat SEO

38. Core Web Vitals

39. URL Inspection

40. Sitelinks Searchbox

41. Mobile Usability

42. Breadcrumbs

43. Long Tail Keyword

44. Short Tail Keyword

45. Anchor Text

46. Artikel Pilar

47. Google Trend

48. Google News

49. Instagram Business

50. Whatsapp Business

51. Retargeting

52. Online Presence

53. Call to Action (CTA)

54. Landing Page

55. Cost per Impression (CPI)

56. Click Through Rate (CTR)

57. Engagement RAte

58. Consumer Acquisition

59. Lookalike Audience

60. Blog

61. Latent Sematic Indexing (LSI)

62. Google Business

63. Google FBL (Free Hotel Booking Links)

Bagikan Artikel Ini Agar Lebih Bermanfaat :
Ahmad Syarifudin Mahzumi

Penulis

Ahmad Syarifudin Mahzumi

Berproseslah! Karena yang instan itu beresiko.