Apa Perbedaan SEM dan SEO ?

Apa Perbedaan SEM dan SEO ?

  Digital Marketing,   27 Oktober 2021   129 Lihat

SEO (Search Engine Optimization) merupakan optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan trafik organik. Itu artinya pengunjung yang masuk ke situs melalui hasil organik dan tanpa biaya. Adapun SEM (Search Engine Marketing) merupakan trik pemasaran di internet dengan cara berlangganan iklan berbayar. Adapun biaya dari SEM biasanya dilakukan dengan cara PPC (Pay per Click). Hasil dari SEM akan terlihat dengan cepat sesuai budget yang dialokasikan. Semakin besar dana yang anda keluarkan, maka akan semakin besar kemungkinan situs anda muncul paling atas dihasil pencarian. Biaya per-klik Google Ads ini beda-beda, tergantung keyword yang anda targetkan. Apabila keyword yang anda target banyak pesaingnya, maka akan semakin mahal biaya per-klik-nya.

Banyak pertanyaan tentang SEO dan SEM. Apabila saya mempunyai situs baru, langkah apa yang harus saya ambil. Lebih baik menggunakan jasa SEM atau SEO ?

Jawabannya adalah tergantung tujuan anda. Apabila anda ingin membangun personal branding atau brand awareness bisa dilakukan secara paralel. Langkah awal agar website anda cepat berada di page one Google, anda bisa menggunakan jasa SEM terlebih dahulu. Kemudian untuk jangka panjangnya, anda juga menggunakan jasa SEO. Jadi anda tidak akan terus-menerus mengeluarkan biaya iklan nantinya. Karena SEM yang umumnya menggunakan Google Ads, setelah deposit anda habis maka website atau situs anda akan hilang dari page one hasil pencarian Google. Sedangkan, SEO merupakan optimasi murni yang akan membantu meningkatkan ranking situs di hasil pencarian Google.

SEO dan SEM tidak hanya berlaku untuk sebuah situs website, tapi juga berlaku untuk instagram dan Facebook. Namun, yang perlu anda ketahui adalah jika segmentasinya adalah mesin telusur, maka mesin telusur (search engine) yang paling banyak digunakan adalah Google. Anda tidak bisa sembarangan berlangganan jasa SEO ataupun SEM. SEO dan SEM harus diterapkan tepat sesuai dengan segmentasi pasar produk anda. Apabila produk anda adalah sebuah layanan, mungkin segmentasi yang lebih tepat adalah melalui Google. Jadi anda harus memaksimalkan SEO atau Google Ads agar layanan anda mudah ditemukan pelanggan.

Bagaimana nih, sekarang sudah ada gambaran kan mengenai perbedaan SEO dan SEM ?

KESIMPULAN

SEO dan SEM adalah sama-sama upaya untuk meningkatkan trafik, baik itu pada sebuah situs website ataupun pada sosial media. Perbedaannya, SEO itu upaya alami/organik yang berorientasi pada proses. Sedangkan SEM, merupakan trik pemasaran dengan cara berlangganan iklan berbayar. SEO itu sifatnya jangka panjang, dan sedangkan SEM, bergantung pada budget anda.

Bagikan Artikel Ini Agar Lebih Bermanfaat :
...

Penulis

Ahmad Syarifudin Mahzumi

Berproseslah! Karena yang instan itu beresiko.

Kategori

Layanan Kami

  • Jasa SEO
  • Kursus SEO Premium
  • Jasa SEA

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to support@jasaseojoss.com

customer service
customer service
Customer Support Support
+6285774591955
Call us to +6285774591955 from 08:00am a 05:00pm
Hello! What can I do for you?
×
Konsultasi Gratis