Kenapa Tahun 2023 pemasaran usaha harus dengan digital

Kenapa Tahun 2023 pemasaran usaha harus dengan digital

  Digital Marketing, Optimasi SEO,   21 Februari 2023   269 Lihat

Kenapa tahun 2023 pemasaran usaha harus dengan digital ? Banyak alasannya, kenapa kamu harus menggunakan media digital untuk memaksimalkan pemasaran usahamu. Pemasaran Digital / Digital Marketing saat ini dianggap media yang lebih efektif untuk media pemasaran. 

Anda sebagai seorang pengusaha, tentunya menginginkan pemasaran yang efektif dan efisien. Bagaimana sih pemasaran yang efektif dan efisien ? apa yang menjadi parameter suksesnya pemasaran anda ? Pemasaran yang efektif adalah pemasaran yang dapat menghasilkan pendapatan. Didalam pemasaran yang efektif, semua promosi dan pengenalan produk anda ke konsumen sampai pada konsumen dengan tepat dan akurat sesuai dengan target pasar.

Bagaimana cara pemasaran di perusahaan anda saat ini ? Apakah masih menggunakan poster, banner, iklan di koran dan majalah ? Itu semua tidak salah. Namun anda perlu mempertimbangkan untuk mulai menggunakan Digital Marketing. Karena Digital Marketing dapat menjangkau banyak audiens lebih cepat dengan biaya yang lebih hemat.

Kenapa harus sih menjalankan digital karketing atau pemasaran digital ? Bayangkan saja, sekarang ini siapa sih yang tidak menggunakan digital. Mulai dari tingkat bawah, menengah sampai tingkat atas semuanya sudah menggunakan digital. Hampir semua kalangan sudah mulai beralih ke portal berita dibanding dengan membaca berita di koran dan majalah. Mayoritas warga di zaman sekarang sudah mulai beralih ke sosial media untuk mencari referensi produk yang di inginkan.

Media apa saja yang bisa digunakan untuk menjalankan pemasaran Digital ?

1. Memanfaatkan  Whatsapp Broadcasting

Apabila anda sudah memiliki pelanggan, anda bisa menjalankan Whatsapp sebagai pemasaran digital. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk media pengiriman pesan whatsapp. Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci "aplikasi whatsapp broadcast".

2. Memanfaatkan Email Broadcasting

Media selanjutnya adalah Email Broadcast. Namun menurut penulis, saat ini pesan anda akan lebih mudah di respon di Whatsapp dibanding dengan Email. Karena saat ini, mayoritas warganet sudah memiliki whatsapp dan sering menggunakannya untuk berkomunikasi. Jadi pesan di Whatsapp memiliki peluang yang lebih besar untuk dibaca pelanggan anda dibanding dengan email. Tetapi, alangkah lebih baiknya dicoba terlebih dahulu. 

3. Memiliki Official Website

Haruskan anda memiliki website compro atau company profile ? Jika anda memiliki budget, penulis menyarankan agar anda memiliki website agar perusahaan anda lebih dipercaya oleh pelanggan atau konsumen. Tentunya website yang lebih hidup kontennya atau informasinya. Anda bisa menggunakan website untuk media promosi produk anda. Buatlah website yang cepat ketika diakses, memiliki konten atau informasi yang kaya tentang perusahaan dan produk anda, informasi website diperbaharui setiap waktunya dan memiliki tampilan yang mobile friendly atau responsive.

4. Menjalankan Search Engine Optimization (SEO)

Apa itu SEO atau Search Engine Optimization ? silahkan baca konten dibawah ini :

Anda bisa menjalankan teknik SEO untuk jangka panjang pemasaran, apabila anda sudah memiliki website company profile.

5. Memanfaatkan Sosial Media Untuk Digital Marketing

Pernahkah anda tiba-tiba tertarik untuk membeli suatu produk, padahal awalnya anda tidak memiliki niat untuk membeli produk tersebut. produk tersebut tiba-tiba tampil di akun sosial media anda, baik itu Facebook, Tiktok, ataupun Instagram. Itu salah satu contoh, bagaimana pemasaran digital sangat efektif.

6. Menjalankan Pay per Click (PPC)

Penulis hanya memberikan 6 contoh media yang bisa digunakan untuk pemasaran digital. Masih banyak lagi media lain yang bisa digunakan. Penulis harap, sebelum anda benar-benar menjalankan pemasaran digital, sebaiknya anda pelajari dulu tentang Pemasaran Digital atau Digital Marketing. Bila perlu, anda konsultasikan pada Digital Marketer yang sudah handal, seperti JASA SEO JOSS.  

Anda tidak perlu menjalankan semua media digital. Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda. Silahkan sesuaikan dengan target pasar yang anda tuju.

Bagikan Artikel Ini Agar Lebih Bermanfaat :
Ahmad Syarifudin Mahzumi

Penulis

Ahmad Syarifudin Mahzumi

Berproseslah! Karena yang instan itu beresiko.