Tips SEO 2024 - Panduan Membuat Template Web Fast Loading

Tips SEO 2024 - Panduan Membuat Template Web Fast Loading

  Optimasi SEO, Tips dan Edukasi,   10 Februari 2024   173 Lihat

Salah satu faktor besar yang memperngaruhi SEO pada tahun 2024 adalah fast loading pada website. Situs web yang mudah diakses (fast loading) akan lebih berpeluang besar mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Bayangkan saja jika anda sedang mencari informasi tertentu, tapi website yang anda temukan sulit diakses / lemot. Tentu anda akan meninggalkan situs website tersebut, dan kemudian mencari situs web lain yang lebih mudah diakses. Oleh karena itu, penting bagi pengembang web untuk fokus pada pembuatan template yang memprioritaskan kecepatan pemuatan halaman (fast loading).

Dalam artikel ini, Admin Joss akan membagikan tips praktis untuk membuat template web yang fast loading sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang baik.

1. Optimalisasi Gambar dan Media

Gambar dan Media lainnya adalah  salah satu faktor terbesar yang berpengaruh terhadap waktu pemuatan halaman sebuah website. Untuk membuat template yang fast loading, anda harus mengoptimalkan ukuran file dan juga format gambar. Untuk mengoptimalkan gambar, anda dapat menggunakan alat kompresi gambar untuk mengurangi ukuran tanpa mengorbankan kualitas visualnya. Kemudian gunakanlah format gambar yang modern seperti Webp yang menawarkan kompresi lebih baik dibandingkan dengan format JPG dan PNG.

2. Minifikasi (Minify) CSS, JavaScript dan HTML

Tips kedua adalah minifikasi kode CSS, JavaScript dan juga HTML. Dengan mengurangi uukuran file CSS, JavaScript dan HTML, dapat berpengaruh signifikan terhadap kecepatan waktu pemuatan halaman web. Untuk itu anda dapat menggunakan alat minifikasi online, dengan cepat anda dapat meminifikasi kode. Hal itu dapat mengurangi beban server dan mempercepat proses rendering halaman web.

3. Memilih Layanan Hosting yang Berkualitas Tinggi

Layanan Hosting Berkualitas juga menjadi peran penting dalam kecepatan pemuatan halaman sebuah website. Maka pilihlah layanan hosting yang terpercaya,  menawarkan kecepatan akses dan juga memiliki sistem keamanan yang baik.

4. Memperhatikan Responsif dan Mobile-Friendly

Sebagian besar pengunjung web menggunakan perangkat mobile / HP untuk mengakses internet. Jadi anda harus memastikan bahwa template yang anda buat mobile-friendly dan juga ramah mobile untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung situs web anda. Untuk menguji kecepatan akses website anda pada perangkat dekstop dan juga mobile, anda dapat menggunakan PageSpeed Insight by Google.

5. Membuat Halaman Versi AMP

Kemudian tips terakhir adalah membuat halaman web versi AMP. AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Google untuk meningkatkan kecepatan akses pada sebuah website khususnya dari perangkat mobile. Untuk membuat template AMP, anda harus mengikuti panduan dari Google AMP. Jika template sudah dibuat, anda bisa memastikan bahwa template tersebut valid dengan melakukan pengecekan pada AMP test yang sudah disediakan Google.

Kesimpulan

Dengan mengimplementasikan semua tips di atas, anda dapat membuat template web yang fast loading sehingga memberikan pengalaman terbaik pada pengunjung web anda. Dan hal itu juga berpengaruh terhadap peringkat website anda pada hasil pencarian Google. Jadi saat membangun sebuah website,s alah satu prioritas adalah membuat setiap halaman yang ada pada web fast loading. 

Bagikan Artikel Ini Agar Lebih Bermanfaat :
Ahmad Syarifudin Mahzumi

Penulis

Ahmad Syarifudin Mahzumi

Berproseslah! Karena yang instan itu beresiko.